Pentingnya Kingdom Leadership bagi pelayanan di akhir jaman ini


PENDAHULUAN
Pemimpin adalah seseorang yang memiliki posisi, kekuasaan, jabatan, dan otoritas serta mampu berada di depan untuk mengatur, mengarahkan, mengontrol, mengorganisir  serta memberikan pengaruh bagi orang-orang yang dipimpinnya atau kelompoknya untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Seorang Kingdom leadership hari mampu melihat jauh ke depan dan memiliki visi yang dari Tuhan, sehingga mampu menghadapi tantangan jaman.
Kingdom Leadership adalah pola kepemimpinan Kerajaan yang bercirikan  S.A.L.T (Spiritual Authority Leadership Transformer) dengan nilai-nilai L.I.G.H.T (Loyalty, Integrity, Generosity, Humility & Truth). Untuk mengetahui seberapa penting pola kepemimpinan kerajaan bagi pelayanan di akhir jaman maka kita akan membahas bagaimana ciri, nilai dan kriteria seorang kingdom leaderhip, bagaimana pelayanan di akhir jaman, kondisi akhir jaman dan serta tujuan sebagai kingdom leadership bagi pelayanan akhir jaman.
CIRI, NILAI DAN KUALITAS SEORANG KINGDOM LEADERSHIP
Seorang Kingdom Leadership harus bercirikan:
1.      Spiritual
Seorang Kingdom leader harus telah lahir baru dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan juru selamat pribadi serta menjaga hidupnya sesuai dengan kebenaran firman Allah. Seorang Kingdom Leader harus meiliki kedewasaan rohani dan memiliki pola pikir kerajaan Allah bukan memiliki pola pikir agamawi ( Spiritual not religious).
2.      Authority
Seorang Kingdom Leader harus tahu otoritasnya sebagai warga kerajaan dan perwakilan kerajaan sorga di bumi untuk memberikan dampak bagi bumi serta menghadirkan sorga di bumi sebagai kolonisasi sorga atas bumi.
3.      Leadership
Seorang kingdom leader harus mampu menjadi pemimpin untuk mengatur, mengarahkan, mengontrol, mengorganisir  serta memberikan pengaruh bagi orang-orang yang dipimpinnya sesuai nilai-nilai kerajaan Allah. Di dalam Amsal 11:14 juga dikatakan “Jikalau tidak ada pimpinan, jatuhlah bangsa, tetapi jikalau penasihat banyak, keselamatan ada”.  Fungsi kepemimpinan adalah untuk menghasilkan lebih banyak pemimpin, bukan lebih banyak pengikut (The function of leadership is to produce more leaders, not more followers - Ralph Nader)
4.      Transformer
Seorang Kingdom leader harus mampu mentransformasi dunia dan membawa perubahan bagi dunia ke arah yang sesuai dengan kebenaran firman Tuhan dan budaya kerajaan Allah.
NILAI-NILAI SEORANG KINGDOM LEADERSHIP
Nilai adalah hal-hal yang diyakini dan menjadi tolok ukur dalam menentukan keputusan, sebagai pemandu dalam hidup kita. Nilai adalah segala hal yang mendasari, mewarnai dan mempengaruhi semua aspek dalam kehidupan seorang kingdm leader agar visi dan misi yang dirindukan terjadi secara nyata.
1.  Loyalti (Loyalitas) - berusaha terus mengabdi pada Tuhan, otoritas/pemimpin, orang tua dengan penuh komitmen atau tanggung jawab.
2.    Integrity (Integritas) - Konsistensi antara hati, ucapan dan tindakan
3. Generosity (kemurahan hati) – Memiliki kebebasan untuk memberi dan tidak mementingkan diri sendiri.
4.  Humility (Kerendahan hati) - Tidak menyombongkan diri dan menyadari bahwa setiap orang memiliki derajat yang sama serta memiliki sikap hormat (respek) pada semua orang.
5.  Truth (Kebenaran) - Senantiasa berpedoman pada kebenaran yang sejati dengan mengukur setiap yang kita pikirkan dan lakukan sesuai dengan Firman Tuhan dan bukan pada apa yang menjadi pendapat umum atau orang banyak.

Seorang Kingdom Leader harus memiliki kualifikasi sebagai berikut:
1.      Spiritual Gift – memiliki karunia rohani.
2.      Heart – memiliki hati/integritas.
3.      Abilities – memiliki kemampuan/kompetensi dan pengetahuan.
4.      Personality – berkepribadian dan memiliki karakter.
5.      Experiences with God – memiliki pengalaman perjumpaan dengan Tuhan secara pribadi.
Seorang Kingdom leadership harus mampu menjawab kebutuhan jaman di berbagai area kehidupan di masyarakat yaitu di dalam keluarga, gereja, pendidikan, seni budaya, media, ekonomi dan bisnis serta pemerintahan. Jika seorang Kingdom Leadership mampu mnduduki dan menguasai bidang-bidang tersebut maka transformasi akan segera terjadi di bumi ini.
Kondisi akhir jaman saat ini dimana banyak terjadi degradasi moral, perilaku seks yang menyimpang, krisis integritas, korupsi dimana-mana dan orang-orang percaya mengalami tekanan, ketidakadilan, dan dipersulit serta kondisi dunia yang mengalami kegelapan, dsb. dituntut seorang Kingdom Leadership yang tetap memiliki integritas dan mampu berjalan sesuai dengan kebenaran Firman Tuhan.
Kesimpulan
Kingdom leadership adalah pola kepemimpinan yang berkarakter kerajaan Allah dan memiliki budaya kerajaan Allah dengan tugas untuk meninfluence/mengkolonisasi bumi dengan budaya kerajaan Allah. Di tengah tengah kondisi jaman yang mengalami kegelapan, ketidakadilan, dipersulit dan tekanan dituntut seorang kingdom leadership yang mampu tetap berdiri teguh di atas dasar firman Tuhan dengan nilai-nilai kerajaan yang dimilikinya. Jadi seorang Kingdom leadership harus memiliki kepandaian/kepintaran, karakter dan berbagai keahilian dalam membangun hubungan, berkomunikasi dan mengatur keuangan, konflik, stress serta waktu sehingga seorang Kingdom Leadership sangat dibutuhkan di akhir jaman ini.

Comments

Popular posts from this blog

Pengantar Perjanjian Baru

Ringkasan Buku Kristologi

Ringkasan Buku Yesus Kristus Tuhan Kita